Pengaksesan sebuah elemen Array pada JAVA


Untuk mengakses sebuah elemen dalam array, atau mengakses sebagian dari array, Anda harus menggunakan sebuah nomor atau yang disebut sebagai index atau subscript.
Sebuah nomor index atau subscript telah diberikan kepada tiap anggota array, sehingga program dan programmer dapat mengakses setiap value apabila dibutuhkan. Index selalu dalam integer. Dimulai dari nol, kemudian akan terus bertambah sampai list value dari array tersebut berakhir. Perlu dicatat, bahwa elemen-elemen didalam array dimulai dari 0 sampai dengan (ukuranArray-1).


contoh :

//memberikan nilai 10 kepada elemen pertama 
array rumahkoding[0] = 10; 

//mencetak elemen array yang terakhir 
System.out.print(rumakoding[99]);

Perlu diperhatikan bahwa sekali array dideklarasikan dan dikonstruksi, nilai yang disimpan dalam setiap anggota array akan diinisialisasi sebagai nol. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan tipe data reference seperti String, ia tidak akan diinisalisasi ke string kosong “”, sehingga Anda tetap harus membuat String array secara eksplisit.

Berikut ini adalah contoh, bagaimana untuk mencetak seluruh elemen didalam array. Dalam contoh ini digunakanlah loop, sehingga kode kita menjadi lebih pendek.

public class ArraySample{ 
      public static void main( String[] args ){ 
   
            int[] ages = new int[100]; 

            for( int i=0; i<100 font="" i="" nbsp="">
                  System.out.print( ages[i] ); 
            } 
      } 
}


Petunjuk penulisan program: 
1. Biasanya, lebih baik menginisialisasi atau meng-instantiate array setelah Anda mendeklarasikannya. Sebagai contoh pendeklarasiannya 

      int []arr = new int[100]; 

lebih disarankan daripada,

      int []arr; 
      arr = new int[100]; 

2. Elemen-elemen dalam n-elemen array memiliki index dari 0 sampai n-1. Perhatikan disini bahwa tidak ada elemen array arr[n]. Hal ini akan menyebabkan array-index outof-bounds exception. 

3. Anda tidak dapat mengubah ukuran dari sebuah array

Selesai.


Demikian postingan tentang Pengaksesan sebuah elemen Array pada JAVA Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih telah berkunjung di Rumah-Koding. Salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »